Sekwan Hingga Para Kadis Dilantik, Bupati Konawe Harapkan Kerja Maksimal

Prosesi pengambilan sumpah jabatan Pejabat Eselon II Pemda Konawe.

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa secara resmi melantik dan mengambil sumpah/janji 15 pejabat eselon II lingkup Pemda Konawe hasil seleksi lelang jabatan (Assesmen) yang dilaksanakan pada bulan Desember 2019 lalu, Jumat (13/03/2020).

Pelantikan 15 pejabat eselon II yang dilaksanakan di Aula Merah Putih Kantor Bupati Konawe dihadiri oleh Ketua DPRD Konawe, H. Ardin, Ketua PN Unaaha Febrian Ali, Sekda Konawe Ferdinan Sapan, Dekan Fakultas Tekhnik UHO, Pejabat yang dilantik dan tamu undangan lainnya.

Ke-15 Pejabat Eselon II yang dilantik dan diambil sumpah/janji tersebut yaitu:

1). Rebiansyah Putra Halip, S.Sos, M.Si, Pembina TK.1, IV/b jabatan lama : Camat Bondoala Kabupaten Konawe Eselon III – A, jabatan baru Kepala Inspektur Kabupaten Konawe Eselon II – B

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memberi sambutan.

2). Sumanti, S.Sos pembina, IV/a jabatan lama kepala bagian persidangan, hukum, humas dan protokoler sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Konawe eselon III – A jabatan baru Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Konawe eselon II – B

3). Dr. Suryadi, S.Pd, M.Pd pembina TK.1, IV/b jabatan lama Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe eselon III – A jabatan baru Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe eselon II – B

4). Drs. Nuriandin pembina TK.1, IV/b jabatan lama Sekretaris Dinas p
Perhubungan Kabupaten Konawe eselon III – A jabatan baru Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten eselon II –B

5). Dr. H. Herianto Wahab, M.Kes pembina TK.1 IV/b jabatan lama Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Konawe eselon III – A jabatan baru Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Konawe eselon II – B.

6). Keni Yuga Permana, S.STP.,M.AP
Pembina TK. 1, IV/b jabatan lama Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Konawe Eselon III – A Jabatan baru Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Konawe Eselon II-B.

7). Ilham Jaya, ST, MM Pembina TK. 1, IV/b jabatan lama Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe Eselon III – A jabatan baru Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe Eselon II – B

Foto bersama Bupati Konawe, Ketua DPRD Konawe dan Kepala PN Konawe bersama 15 pejabat eselon II yang baru saja dilantik.

8). H. Muh. Nur, S.KM, MM Pembina TK.1, IV/b jabatan lama Camat Pondidaha Kabupaten Konawe Eselon III – A jabatan baru kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Konawe Eselon II – B

9). Nasruddin, SH, MH Pembina TK. 1, IV/b jabatan lama Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Konawe eselon III – A jabatan baru Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Konawe eselon II – B

10). Drg. Mawar Taligana, M.Kes pembina TK.1, IV/b jabatan lama Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe eselon III – A jabatan baru Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe eselon II – B.

11). Daud Sirupa, SE, M.Si pembina TK.1, IV/b jabatan lama Sekretaris Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Konawe eselon III -A jabatan baru Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Konawe eselon II – B

12. Faizal Taridala, SH Pembina TK. 1, IV/b jabatan lama Camat Lalonggasu Meeto Kabupaten Konawe Eselon III – A jabatan baru Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Konawe Eselon II-B

13. Arniwaty Abunawas, SE, M.Si Pembina, IV/a jabatan lama Sekretaris Dinas Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Konawe Eselon III – A jabatan baru Kepala Dinas Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Konawe Eselon II – B.

14. Samsul, SE, MSA Pembina TK. 1, IV/b jabatan lama Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Konawe Eselon III – A jabatan baru Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Konawe Eselon II-B

15. H. Gunawan Samad, SP, M.Si Pembina TK.1, IV/b jabatan lama Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Konawe Eselon III – A jabatan baru Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Konawe Eselon II-B.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan pelantikan pertama kali dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Konawe di tahun 2020 ini.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memberi ucapan selamat kepada Sekretaris DPRD Konawe, Sumanti.

Menurut orang nomor satu di negeri leluhur tanah kerinduan Konawe, pelantikan ini telah melalui berbagai proses yang melibatkan tim assessort dari pusat pelatihan dan pengembangan dan kajian manajemen pemerintahan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) Makassar.

Panitia seleksi jabatan pada tatanan 16 jabatan pimpinan tinggi pratama ini masih kata Kery juga telah memperoleh persetujuan/ rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melalui surat nomor : b.4184/kasn/12/2019.

Selain itu lanjutnya, pemberlakuan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang nomor 5 tahun 2011 sekaligus sebagai komitmen untuk penyelenggaraan manajemen ASN berbasis “sistem merit” yang bertujuan untuk menghasilkan Pegawai Negeri Sipil /Aparatur Sipil Negara yang profesional memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik dan praktek korupsi kolusi dan nepotisme, dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik serta tugas pemerintahan dan pembangunan.

Sehubungan dengan proses pembinaan kepegawaian di Kabupaten Konawe, tentunya juga mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri sipil.

Selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Kery menyebut mempunyai kewenangan menetapkan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai dan pembinaan manajemen Aparatur Sipil Negara di instansi pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Meski demikian, Kery mengaku tidak semena-mena. Sebagai pimpinan tertinggi, ia tetap melakukan pertimbangan yang berdasarkan pada objektifitas, kompetensi, kualifikasi, syarat jabatan, penilaian terhadap prestasi kerja kepemimpinan, kerja sama, kreatifitas tanpa membedakan gender, suku, agama, ras dan
golongan.

“Meskipun saya memiliki hak prerogatif untuk menentukan keputusan dan kebijakan dalam proses pembinaan manajemen Aparatur Sipil Negara, namun saya tetap mempertimbangkan kriteria yang telah saya sampaikan di atas sejalan dengan tim pansel dan tim penilai kinerja kepegawaian,” terangnya.

Langkah mantan Ketua DPRD Konawe ini sekaligus menjelaskan bahwa proses pengambilan keputusan dalam pembinaan manajemen dan karier Aparatur Sipil Negara sepenuhnya mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kery menjelaskan bahwa pelantikan yang dilaksanakan hari ini berdasarkan surat nomor : b.550/kasn/02/2020 hal: rekomendasi hasil seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Kabupaten Konawe dari KASN sebagai lembaga yang mengawasi pelaksanaan “Merit Sistem” di segala jenjang pemerintahan.

Lebih lanjut kata dia, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ini, juga dimaksudkan untuk menindak lanjuti hasil evaluasi kinerja, penilaian kualifikasi test kompetensi dan assesmen yang telah di ikuti 68 orang dari 16 jabatan pimpinan tinggi pratama yang di seleksi.

Pada kesempatan ini, ia juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan lelang atau seleksi terbuka untuk dua jabatan pimpinan tinggi pratama, di mana kedua pimpinan jabatan pimpinan tinggi pratama ini akan memasuki batas usia pensiun tahun ini, yaitu asisten administrasi pemerintahan dan kesejahtraan rakyat ( asisten I ) dan asisten administrasi umum ( asisten III ) sekretariat daerah Kabupaten Konawe.

“Saya berharap agar seluruh pejabat administrator yang telah memenuhi persyaratan untuk dapat ikut serta dalam seleksi dimaksud,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, kepada pejabat yang baru dilantik dan diambil sumpahnya, Kery ucapkan selamat bekerja dan berharapan pejabat tersebut mampu membuktikan kemampuan dengan menunjukan prestasi kerja yang baik di masa sekarang maupun yang akan datang.

“Selamat bekerja, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kelancaran dalam upaya kita melaksanakan tugas dan pengabdian kepada pemerintah Kabupaten Konawe yang kita cintai dan kita banggakan bersama,” ucap Kery.

Khususnya untuk pejabat pimpinan tinggi pratama lanjut Kery, senantiasa dilakukan evaluasi terhadap kinerja masing-masing secara berkala, yang menitikberatkan pada kualifikasi, kompetensi serta kinerja sebagai pertimbangan utama dalam pengembangan dan penataan karier pegawai.

“Kepada seluruh pejabat, baik yang dilantik pada hari ini maupun pejabat yang hadir pada kesempatan ini, agar senantiasa menunjukan dedikasi, loyalitas, dan kinerja yang tinggi menuju Konawe Gemilang 2023,” tutupnya.

Diketahui, pelantikan ini khusus dari 16 jabatan pimpinan tinggi pratama yang telah mengikuti seleksi, namun yang disumpah dan dilantik pada hari ini sebanyak 15 jabatan pimpinan tinggi pratama. Satu jabatan pimpinan tinggi pratama belum dapat disumpah dan dilantik yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
karena masih menunggu proses. (Adv)

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here