Semarak HUT Konawe: Meriahnya Parade Moge Hingga Mobil Off Road

(kiri ke kanan) Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Kadis Ketapang Konawe, Muh. Akbar, saat berpose bersama ketika gubernur hadir di lokasi pameran.

TRIBUN KONAWE: PONDIDAHA – Pembukaan Pameran Pembangunan dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Kabupaten Konawe berlangsung semarak, di Lapangan Bumi Perkemahan Sulemandara, Kecamatan Pondidaha, Sabtu (29/02/2020).

Acara dimulai dengan kegiatan One Day Trail Adventure. Acara yang dimulai pukul 09.00 Wita itu berlansung semarak. Sekira 600 rider tumbah ruah menghadiri ajang tersebut.

Para raider tak hanya datang dari penjuru Konawe saja. Akan tetapi rider dari beberapa kabupaten juga turut memeriahkan acara One Day Trail Adventure Konawe. Bahkan sejumlah rider dari Provinsi Sulawesi Selatan juga tak ketinggalan.

(kiri ke kanan) Sekda Konawe, Ferdinand Sapan, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan mantan Pj Bupati Konawe, Tasman Taewa saat berpose bersama usai pelepasan peserta One Day Trail Adventure.

Para rider dilepas langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Disaksikan Kajari Konawe, Irwanuddin Tajuddin dan Sekda Konawe, Ferdinand Sapan.

Mereka yang berpartisipasi dalam kegiatan touring terbagi atas dua bagian. Ada rider dari kalangan profesional dan ada rider dari kalangan eksekutif. Untuk kalangan eksekutif diikuti langsung oleh Sekda Konawe, Ferdinand Sapan, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Antara lain Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muh. Akbar dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Jahiuddin. Dari annggota legislatif pun juga ada yang ikut. Antara lain, Benu Setiadi dan Abdurrahman (Intink).

Jalur yang dilewati antara rider profesional dan eksekutif pun berbeda. Rider profesional menerabas jalur ekstrim di area Kecamatan Amonggedo.  Sementara rider dari kalangan eksekutif menempuh jalur semi ekstrim.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat menggeber Harley Davidson miliknya ke lokasi pameran.

Siangnya, Bupati Konawe meyambut para peserta touring wisata yang sebelumnya telah memulai perjalanannya dalam lapangan eks MTQ Kendari. Peserta touring merupakan beragam komunitas yang tergabung dalam Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sultra yang dinahkodai Anton Timbang.

Kali ini peserta touring cukup beragam. Ada beragam dari komunitas kendaraan roda dua hingga roda empat. Mulai dari komunitas Agya hingga Pajero Sport. Komunitas vespa hingga motor gede alias moge.

Kehadiran komunitas moge di lapangan Sulemandara sontak menarik perhatian. Kendaraan roda dua yang harganya ratusan hingga miliaran itu menjadi sorotan warga. Beragam merk ternama ada di sana. Diantaranya, Harley Davidson, Kawasaki, Ducati hingga Suzuki.

Tak mau kalah dengan parade moge dari Kendari, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa juga hadir dengan menggeber Harley miliknya. Kendaraan bertenga super itu pun menjadi buah bibir. Tak sedikit orang yang berswafoto dengan kendaraan orang nomor satu di Konawe itu.

Sore, sekira pukul 14.00 Wita, rombongan Gubernur Sultra tiba dilokasi pameran. Ali Mazi hadir dengan menggunakan mobil off road, Toyota Hardtop. Ia didampingi istrinya Agista Aryani yang datang dengan mengendarai mobilnya sendiri. Unsur Forkopimda, seperti Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam juga turut hadir dalam acara tersebut.

Kehadiran orang nomor satu di Sultra bersama rombingan disambut langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara serta pejabat Forkopimda lainnya.

Pada kesempatan itu, Ali Mazi memberikan apresiasi kepada Pemda Konawe. Menurutnya, kolaborasi acara jelajah wisata yang digelar Pemprov, Polda dan IMI Sultra bersama Pemda Konawe sangat memuaskan.

“Kita berharap, acara-acara positif seperti ini dapat digelar lebih semarak lagi pada tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Gubernur dua periode itu menerangkan, kegiatan touring wisata tak hanya sekadar kegiatan jalan-jalan saja. Namun dirangkaikan juga dengan aksi penanaman pohon dan juga di sunatan massal.

Sementara itu, Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam menjelaskan, acara touring wisata juga merupakan ajang sosialisasi tertib berlalulintas oleh Dirlantas Polda. Jendral bintang satu itu berharap kegiatan itu dapat memberikan edukasi pentingnya keselamatan berkendara.

“Kita akan terus mendorong agar kesadaran berlalulintas masyarakat itu bisa semakin ditingkatkan,” tandansnya. (Adv)

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here