Serapan PAD Konawe 2019 Dipastikan Lebih Besar dari Tahun Lalu

Kepala BP2RD Konawe, Cici Ita Ristianty (foto: Mas Jaya / tribunkonawe.com)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Konawe beberapa hari lalu menggelar Rapat Evaluasi Penerimaan (Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan PBB P2 Tahap III tahun 2019.

Dari hasil rapat tersebut, diektahui bahwa serapan anggaran PAD Konawe telah mencapai 55,5 persen. Jika di rupiahkan sudah mencapai Rp51 M.

Kepala BP2RD Konawe, Cici Ita Ristianty mengatakan, sejauh ini sudah ada dua kecamatan yang PAD-nya mencapai lebih dari 100 persen. Dua kecamatan itu, yakni Kecamatan Anggalomoare dan Sampara.

“Tahun lalu jumlah PAD kita yang terkumpul sebanyak Rp62 Milliar. Kita optimis, tahun ini bisa lebih, karena masih akan ada pemasukan lagi,” ujar Cici saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Cici menerangkan, pihaknya akan tutup buku pada tanggal 23 November mendatang. Dari situ nanti sudah bisa diketahui berapa total perolehan PAD tahun 2019.

Menurut Cici, beberapa instansi memang masih sangat lesu dalam menghasilkan pundi-pundi keuangan daerah. Misalnya, Dinas Periwisata, Pekerjaan Umum, Kesehatan dan Perikanan. Akan tetapi, beberapa instansi lainnya cukup bagus dalam menyumbang PAD, seperti BP2RB, PTSP dan beberapa kecamatan.

“Untuk BP2RD target PAD kami sudah mencapai 70 persen. Kami masih tunggu lagi dana PAD yang belum diberikan dari PT VDNI yang jumlahnya mencapai 23 Milliar,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here