Wabup Konawe Salurkan Sembako dari VDNI untuk Korban Banjir Waworaha

Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara saat meninjau lokasi banjir di Desa Waworaha.

TRIBUN KONAWE: LAMBUYA – Hujan yang terjadi beberapa waktu belakangan membuat beberapa titik di Konawe terendam banjir. Salah satu yang terparah ada di Desa Waworaha, Kecamatan Lambuya.

Banjir di Waworaha, sebenarnya telah terjadi sejak tiga bulan belakangan. Setiap hujan, air bisa menggenangi perkampungan hingga dua hari, lalu surut lagi.

Kondisi yang terparah, terjadi sepekan belakangan saat intensitas hujan makin tinggi. Desa ini terendam hingga ketinggian leher orang dewasa.

Wabup Konawe saat memberikan pengarahan penanganan banjir.

Beruntung, rata-rata rumah warga adalah rumah panggung. Sehingga mereka hanya sebatas melakukan evakuasi mandiri di rumah masing-masing. Akan tetapi, banjir yang menggenang sangat mengganggu proses transportasi dan aktivitas ekonomi desa.

Kepala Desa Waworaha, Karman menuturkan, total warganya yang menghuni desa mencapai 488 orang. Mereka terbagi atas 147 kepala keluarga. Warga lanjut usia lebih 20 orang, sementara Balita lebih 50 anak.

“Yang rumahnya betul-betul terdampak banjir sebanyak 74 kepala keluarga,” ujarnya.

Untuk area pertanian yang ada di Waworaha lanjut Karman, totalnya mencapai 400 Ha tanaman Kakao dan 200 Ha tanaman hortikultura. Sejumlah sayur mayur, seperti tomat, cabai dan jagung dalam sepekan terakhir ini terendam banjir.

“Makanya, petani kami banyak mengalami kerugian akibat banjir ini,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara yang tiba di lokasi banjir juga langsung melakukan peninjauan dengan menaiki perahu, Rabu (24/6/2020). Ia menyaksikan langsung bagaimana parahnya banjir menggenangi perkampungan tersebut.

Wabup Konawe saat menyerahkan bantuan berupa paket sembako.

Selain menunjau lokasi terdampak, Gusli juga hadir dengan membawa paket Sembako untuk warga. Menurutnya, paket tersebut merupakan bantuan dari PT VDNI untuk warga Konawe yang membutuhkan.

“Laporan awal ada sekira 74 kepala keluarga yang terdampak banjir. Tetapi setelah saya lihat kondisi lapangan, kita putuskan supaya semua kepala keluarga dapat bantuan. Warga Waworaha juga harus menikmati bantuan ini, meskipun lokasinya jauh dari tempat beroperasinya VDNI,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dua hari belakangan Senin – Selasa (22-23/6/2020) Gusli juga melakukan peninjauan langsung korban banjir di Desa Laloika dan Wonua Monapa, Kecamatan Pondidaha. Dalam dua hari kunjungannya, Gusli juga selalu mendistribusikan paket Sembako. Hari pertama paket dari VDNI dan hari kedua paket dari BPBD Konawe.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here