Wabup Konawe Tinjau Langsung Panen Lele Program Demplot DKP di Anggohu

 

TRIBUN KONAWE: TONGAUNA UTARA – Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara turun menyaksikan langsung panen Lele Sangkuriang di Desa Anggohu, Kecamatan Tongauna Utara, Kamis (16/1/2020). Hasil panen tersebut merupakan bagian dari program demplot (percontohan) yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konawe pada kelompok pembudidaya ikan Lele, Rukun Sejahtera.

Saat menyaksikan langsung panen lele tersebut, Gusli menerangkan bahwa demplot tersebut merupakan bagian dari program Konawe Gemilang. Menurutnya, fokus utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga pembudidaya lele.

“Kalau pun hasil penennya berlebih, baru dikomersilkan atau dijual. Sehingga bisa mendapatkan income yang akan berefek pada peningkatan kesejahteraan,” terang Gusli.

Sementara itu, Kepala DKP Konawe, H. Gunawan Samad melalui Kabid Pemberdayaan Usaha Budidaya, Indriana Ripin mengungkapkan, total benih yang dibagikan kepada kelompok pembidudaya saat itu adalah 10 ribu ekor. Namun, dirinya juga tidak menampik akan ada benih yang tidak bertahan hingga panen.

“Pembudidaya bilang kemungkinan benih yang bertahan hingga panen itu 70 persen atau 7000 ekor.

Indri menambahkan, kesulitan para kelompok bidudaya adalah terkait masalah pemasarannya. Akan tetapi, masalah yang ada hari ini untuk kelompok pembudiaya Rukun Sejahtera telah teratasi.

“Tadi sudah ada pengepul yang bersedia membeli hasil panen kami sebanyak 7000 ekor. Kalau berat minimal 6 ekor per kilogramnya, berarti total berat panen hari ini mencapai lebih dari 1 ton,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here