Warga Binaan Rutan dapat Pendidikan Politik dari KPU Konawe

Foto bersama usai sosialisasi di Rutan Kelas II B Unaaha (foto: dok. KPU Konawe / TRIBUNKONAWE.COM)

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe kembali menyambangi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Unaaha, (7/2/2019). Kali ini kunjungan para komisioner dalam rangka sosialisasi tata cara pencoblosan kepada para warga binaan di sana.

Ketua KPU Konawe, Muhammda Azwar menuturkan, kunjungan ke Rutan lebih untuk kegiatan sosialisasi seputar Pemilu. Khususnya, tentang tata cara pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain menjelaskan tentang Pemilu dan tahapannya, Azwar bersama komisioner lainnya juga mengatakn para warga binaan untuk menolak politik uang. KPU juga mengajak untuk ikut memerangi politik uang selama Pemilu.

“Kita juga memberi pemahaman warga binaan untuk menolak bentuk politik uang dan memerangi berita hoax,” terang Azwar.

Di tempat yang sama, Kepala Rutan Kelas II B Unaaha, Herianto mengatakan, warga binaan yang ada di Rutan mempunyai hak konstituen. Mereka juga berhak ikut memberikan suaranya di Pemilu, untuk Pilpres dan Pileg sama seperti warga Indonesia lainnya,” jelasnya.

Herianto juga menambahkan, pihaknya akan menunggu Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari KPU, terkait jumlah warga binaan yang akan menyalurkan hak suaranya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here