Warga Paku Jaya Demo Kadesnya di DPRD Konawe

TRIBUN KONAWE: UNAAHA – Aliansi Masyarakat Desa Paku Jaya, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara menggelar aksi unjuk rasa di kantor DPRD Konawe, Senin (128/1/2019). Mereka menuntut agar kepala desanya segera di-hearing.

Puluhan massa pengunjukrasa tiba dikantor DPRD Konawe sekira pukul 11.00 Wita. Mereka tiba dengan membawa poster yang berisi tulisan kecaman terhadap kinerja kepala desanya.

Dalam pernyataan sikapnya, massa menyebut Dana Desa (DD) tahun 2017-2018 yang mencapai Rp1,5 M diduga hanya dipakai untuk membuat jalan dusun saja. Padahal masih banyak program lainya yang tak kalah prioritas.

“Ironisnya, kepala desa malah menutup ruang kepada BPD (Badan Permusyawaratan Desa, red). Bagaimana mungkin laporan pertanggungjawababn desa dibuat kalau tidak ada tanda tangan ketua BPD,” tegas Kasman orator massa aksi.

Ujukrasa warga diterima langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Konawe, Kadek Rai Sudiani. Menanggapi tuntutan massa, Kadek berjanji akan segera menggelar hearing terkait masalah tersebut.

“Besok (29/1/2019), jam kedua kita akan hearing. Saya akan mengundang stake holder terkait, seperti inspektorat dan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa). Termasuk juga kades yang bersangkutan. Perwakilan warga kami harap juga bisa ikut serta,” terangnya.

Mendapati keterangan dari pihak DPRD Konawe massa pun memberi apresiasi. Mereka berjanji akan hadir saat hearing untuk mendengar langsung keterangan dari kepala desanya.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here