Waspada Covid-19: Puskesmas Anggotoa Bagikan Disinfektan untuk 14 Desa

Kepala Puskesmas Anggotoa, Nurlela Saranani saat memantau pembagian disinfektan.

TRIBUN KONAWE: ANGGOTOA – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe merespon cepat upaya percepatan penanganan Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) di wilayahnya.

Berbekal kerja sama dengan TNI/Polri hingga pemerintahan tingkat kecamatan dan desa, Puskesmas yang dinahkodai Nurlela Saranani ini menggelar sejumlah sosialisasi tentang bahaya Covid-19 dan bagaimana cara mengantisipasinya. Sosialisasi dilakukan mulai dari pemasangan baliho hingga turun langsung ke masyarakat.

Selain itu lanjut Lela (sapaan akrab Nurlela Saranani, red), pihaknya juga telah membuat tim. Tim itu yang turun langsung memeriksa warga yang baru pulang dari perjalanan luar daerah.

“Kami komunikasi ke pihak desa dan meminta untuk memberi informasi jika ada warganya yang baru pulang dari luar daerah,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Hingga saat ini kata Lela, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 17 warga Kecamatan Anggotoa yang baru pulang dari luar daerah. Selain itu, anggota polisi di SPN Anggotoa yang baru saja balik dari kegiatan pendidikan di Sukabumi juga telah diperiksa.

“Dari empat puluh tiga orang yang diperiksa, ada lima orang polisi yang batuk dan flu,” jelasnya.

Selanjutnya, langkah percepatan penanganan Covid-19 lainnya yang dilakukan Puskesmas Anggotoa adalah dengan membagikan disinfektan gratis kepada warga di 14 desa. Pembagian dipusatkan di Puskesmas Anggotoa. Sejumlah warga tampak antusias mendatangi Puskesmas untuk mengambil cairan disinfektan.

“Pembagiannya mulai hari ini (Kamis, 02/04/2020). Setelah ini kami akan langsung mengenggelar kegiatan penyemprotan. Diutamakan dulu diasikit umum seperti tempat ibadah. Selanjutnya, di rumah-rumah warga. Kegiatan penyemprotan akan berlangsung diua hari,” pungkasnya.

Didampingi Kapolsek Wawotobi (wilayah tugas Kecamatan Anggotoa, red), camat dan sejumlah kepala desa, Kepala Puskesmas Anggotoa meninjau langsung penyemprotan disinfektan yang dilakukan di Masjid dan Gereja di Kecamatan Anggotoa.

Laporan: Mas Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here